P O L N A S

Wisuda Ke-18 Politeknik Nasional Denpasar

images
  • 19 October, 2019
  • 4 min read
Wisuda Ke-18 Politeknik Nasional Denpasar

Denpasar, Sabtu (19/10/2019) – Politeknik Nasional (Polnas) Denpasar menggelar Wisuda ke-18 Program Diploma III Akuntansi dan Usaha Perjalanan Wisata di Hotel Nikki Denpasar. Jumlah wisudawan yang diwisuda sebanyak 30 orang terdiri dari 22 orang Prodi Akuntansi dan 8 orang Prodi Usaha Perjalanan Wisata diwisuda langsung oleh Direktur Politeknik Nasional  Denpasar, I Made Adi Purwantara, M.Kom. Pada wisuda Politeknik Nasional Denpasar yang ke-18 ini Sekretaris LLDIKTI Wilayah VIII, Ir. AA. Ngurah Rai Indra Wardana, M.T., Dewan Pembina, Ketua, Sekretaris dan Pengurus Yayasan Perguruan Teknik Nasional Bali, Ketua APTISI Wilayah VIII A Bali, serta para orang tua wisudawan.

Dalam sambutannya Direktur Politeknik Nasional Denpasar, Bapak I Made Adi Purwantara, M.Kom., mengatakan Polnas Denpasar memiliki visi menjadi perguruan tinggi vokasional yang unggul di tingkat nasional dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan pada tahun 2025. Untuk mencapai visi tersebut, ada beberapa langkah yang telah dilakukan. Diantaranya, dalam bidang pendidikan Politeknik Nasional Denpasar didukung oleh 20 dosen tetap yang semuanya bergelar S2. Bahkan, ada seorang dosen yang sudah bergelar S3, dan satu dosen sedang menempuh kuliah S3. Direktur Politeknik Nasional Denpasar juga mengatakan dalam sambutannya terkait tentang akan dibukanya jenjang D4. Maka dalam waktu dekat ini Politeknik Nasional Denpasar akan mengajukan perubahan peningkatan jenjang pendidikan dari D3 menjadi Sarjana Terapan atau D4. Dan untuk mengantisipasi kebutuhan akan sumber daya yang terampil dan berkualitas dalam berbagai bidang, maka akan berencana untuk membuka program studi baru.

 

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi yang link and match dengan industri, Politeknik Nasional Denpasar juga menjalin kerjasama dengan pihak industri serta dosen dan mahasiswa telah berkolaborasi untuk menghasilkan produk berbasis teknologi, diantaranya charger bertenaga solar cell, tempat sampah pintar, dan lampu-lampu bertenaga surya. Beberapa produk seperti Solar Charger dan Lampu bertenaga surya telah dimanfaatkan oleh civitas akademika Politeknik Nasional Denpasar.

Dari sisi pengembangan Prodi, saat ini Politeknik Nasional Denpasar mengembangkan Prodi Usaha Perjalanan Wisata berbasis digital. Tujuannya agar lulusan dari prodi ini bisa langsung diserap oleh dunia kerja dan bahkan bisa untuk mengembangkan usaha sendiri di bidang pariwisata. Selain itu, Prodi Teknik Elektronika saat ini juga dikembangkan ke arah manajemen energi dan sistem kontrol. Dimana lulusan dari Prodi ini akan mudah diserap di dunia pariwisata khususnya hotel, Villa maupun gedung besar Iainnya sebagai engineer.

Sementara itu, dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, dikatakan bahwa Polnas Denpasar selalu berupaya untuk meningkatkan penelitian dosen. Terbukti, jika di tahun sebelumnya hanya ada satu dosen yang mengajukan hibah penelitian, tahun ini sudah meningkat menjadi 11 dosen yang mengajukan hibah penelitian dan pengabdian dari Ristekdikti dan sebagian Iainnya mengajukan hibah internal. Di samping juga memberikan dana khusus bagi dosen untuk melakukan kegiatan penelitian maupun pengabdian masyarakat.

Politeknik Nasional Denpasar juga tidak hanya berfokus pada peningkatan hardskill dari mahasiswanya, namun juga memprioritaskan peningkatan softskill mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Seperti kegiatan UKM, keterlibatan mahasiswa dan dosen dalam kegiatan pengabdian masyarakat, maupun kegiatan akademis dan non-akademis.

Dan Selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menempuh pendidikan D3 dengan baik dikampus Politeknik Nasional Denpasar. Semoga pendidikan yang didapat nantinya mampu dipergunakan dengan baik tidak hanya dalam industri kerja tapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 Politeknik Nasional. All rights reserved