P O L N A S

Raih Gold Medal Pada Ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2023

images
  • 20 September, 2023
  • 2 min read
Raih Gold Medal Pada Ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2023

Mahasiswa Politeknik Nasional berhasil meraih Gold Medal dalam ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2023. Indonesia Inventors Day (IID) merupakan wadah internasional bagi penemu, peneliti serta ilmuan lokal Indonesia dan Internasional untuk mempresentasikan hasil penemuan atau inovasinya ke tingkat Internasional dan ajang ini diadakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA). Acara yang diselenggarakan pada 16 – 19 September 2023 dengan rangkaian seleksi penjurian dan pameran inovasi hasil karya yang telah dibuat oleh para pemuda dan remaja yang tidak hanya datang dari Indonesia tapi dari berbagi negara yang dilaksanakan di Hotel Aston & Convention Center Denpasar Bali dan ditutup dengan Awarding Ceremony pada 19 September 2023 di Gedung Ksirarnawa Art Center Denpasar Bali.

Dalam ajang ini Politeknik Nasional memperoleh Gold Medal pada kategori World Young Inventors Exhibition (WINTEX) yang merupakan kategori untuk tingkat Mahasiswa dan Adult Inventors dengan tujuan untuk mempromosikan kreativitas, penemuan dan perekembangan sains serta teknologi di kalangan generasi muda. Politeknik Nasional menjadi salah satu kampus Politeknik yang berhasil bersaing dengan Universitas dari berbagi negara dengan karya yang dibuat adalah “Bioteknologi Untuk Keamanan Rumah Berbasis Sidik Jari” yang diwakili oleh dua orang mahasiswa yaitu I Ketut Mayun Artawiguna dan Ni Kadek Sri Hendrayani serta satu Dosen pendamping yakni Bapak Kadek Reda Setiawan Suda, S.Pd., M.Tr.T. Terciptanya karya ini diinisiasi karena saat ini terdapat banyak tindak kejahatan yang terjadi di dalam rumah, maka dari itu terciptalah inovasi ini untuk menjaga keamanan rumah dengan berbasis sidik jari.

“Saya sangat mengapresiasi hasil yang ditorehkan dalam ajang Indonesia Inventors Day (IID) 2023, prestasi ini merupakan salah satu kebanggaan bagi Politeknik Nasional karena berhasil bersaing dengan universitas dari berbagai negara dan meraih Gold Medal di ajang Internasional ini. Semoga prestasi seperti ini semakin banyak diraih oleh Mahasiswa Politeknik Nasional kedepannya dan ini juga dapat menjadi acuan bagi mahasiswa untuk semakin aktif, kreatif dan inovatif,” ujur I Made Adi Purwantara, S.T., M.Kom. Dengan melalui ajang ini baik untuk mengenalkan dan mempromosikan Politeknik Nasional di kancah Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 Politeknik Nasional. All rights reserved