P O L N A S

Lokakarya IoT Dan Rembug Literasi Digital

images
  • 10 September, 2021
  • 3 min read
Lokakarya IoT Dan Rembug Literasi Digital

Dalam rangkaian kegiatan #BaliBangkit #MakinCakapDigital yang diselenggarakan bersama oleh ICT Watch, Common Room, Relawan TIK Indonesia dan Siberkreasi serta didukung oleh Kementerian Kominfo, Luminate Groups dan UNICEF Indonesia, Dosen Politeknik Nasional Denpasar berkesempatan mendapatkan undangan untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan Lokakarya IoT dan Rembug Literasi Digital yang dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Agustus 2021 ini dihadiri oleh 3 dosen Polnas Denpasar yaitu Bpk. Ir. Ida Bagus Putu Widja, M.T, Bpk. Made Adi Surya Antara, S.T., M.T dan Bpk. I Wayan Arsa Suteja, S.T., MT.

Pada kegiatan ini polnas berkesempatan terlibat untuk ikut mencoba dan melihat cara kerja alat yang dikembangkan di Pondok SVD Pancasari dan selama Kegiatan Lokakarya IoT dan Rembug Literasi Digital ini Dosen Polnas Denpasar berkesempatan mengunjungi Little Spoon Farm (LSF – Tabanan) proses fermentasi kotoran hewan baik itu Kambing, ayam, bebek yang diolah menjadi pupuk dan dapat berguna untuk petani, dimana kegitan tersebut untuk menambah wawasan Relawan TIK di dalam mengembangkan teknologi Pertanian berbasis Teknologi IoT. Selain itu juga diadakan Workshop “IoT Smart Farming” selama dua hari di Pondok SVD Pancasari – Bedugul. Dengan menerapkan dan mengaplikasikan sistem alat Mikrokontroller yang berguna bagi budidaya petani dalam melakukan pemiliharaan tanaman pertanian berbasis Teknologi Internet, Sehingga pentani nantinya akan mememantau sistem pemeliharaannya melalui SmartPhone melalui aplikasi www.home-assistant.io.

Politeknik Nasional Denpasar selain mengikuti kegitan Lokakarya IoT dan Rembug Literasi Digital tersebut juga menyerahkan sebuah alat HandSanitizer Otomotis kepada pengelola Podok SVD Pancasari sebagai wujud kepedulian Polnas Denpasar terhadap masyarakat di dalam pencegehan penyebaran virus covid19.

Direktur Politeknik Nasional Denpasar, Bpk I Made Adi Purwantara, S.T., M.Kom menyampaikan terimakasih karena telah mengundang Polnas Denpasar sebagai satu-satunya kampus Politeknik yang hadir dalam kegiatan Lokakarya IoT dan Rembug Literasi Digital dan Polnas Denpasar juga diberi kepercayaan dari pihak Common Room, ICT Watch, RTIK untuk diberikan seperangkat alat prototype raspi/IoT smart farming dengan tujuan kedepannya agar mengembangkan kembali alat prototype raspi/IoT smart farming, karena dalam proses pembuatannya masih dalam pengembangan dan dibutuhkan juga orang lokal (khusunya mahasiswa atau dosen Polnas) yang mengerti tentang penggunaan alat tersebut dimana selanjutnya penerapannya akan dikerjakan di Pondok SVD Pancasari. Selain itu Polnas Denpasar juga diundang untuk datang ke Podcast Comman Room yang membahas tentang fungsi dan tujuan perkembangan teknologi IoT yang sedang di kembangkan agar masyarakat juga tahu kemudahan yang diperoleh dari teknologi berbasis IoT smart farming.

Semoga alat yang diberikan kepada Politeknik Nasional Denpasar dapat difungsikan dan dikembangkan kembali dengan baik di Kampus Polnas Denpasar serta dapat menjadi contoh untuk mahasiswa Polnas agar dapat mengambangkan alat-alat menggunakan teknologi terkini yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari.

Salam Polnas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2024 Politeknik Nasional. All rights reserved